Spiga

Berkenalan dengan Delphi

Resume :
Delphi adalah bahasa pemprograman yang dikembangkan oleh CodeGear milik Borland. Bahasa Delphi yang berawal dari pascal awalnya ditujukan untuk pengembangan aplikasi dilingkungan OS Microsoft windows namun pada pengembangannya saat ini Delphi bisa digunakan untuk membangun aplikasi untuk Linux.

Delphi umumnya digunakan untuk pengembangan aplikasi desktop, namun Delphi dapat digunakan untuk membangun aplikasi multi client dengan database terpusat yang digunakan secara bersama dan bersamaan (basis yang digunakan client-Server, artinya masih memerlukan instalasi aplikasi pada setiap client). Hampir semua Database dapat digunakan untuk berintegrasi dengan Aplikasi Delphi. Database-database besar seperti Oracle, Mysql, Sql Server, umumnya menjadi pilihan para Developer aplikasi Delphi ini.

Untuk belajar membangun alikasi menggunakan Delphi tidak sulit, karena bahasa Delphi berawal dari pascal, maka coding yang digunakan untuk membangun suatu aplikasi tidak jauh berbeda dari bahasa Pascal. Untuk yang sudah pernah mengenal bahasa Pascal sebelumnya pasti akan lebih mudah dan dimanjakan oleh IDE milik Delphi. Perbedaan mendasar antara Delphi dan Pascal adalah Delphi lebih Berorientasi Object (OOP).

Delphi semakin memberi kemudahan dalam pembangunan aplikasi, karena setting properties yang disediakan pada object inspector miliknya dan Penulisan coding pun lebih dimudahkan karena hint yang disediakan (ALT + Space).

Dalam pembangunan aplikasi yang menggunakan Delphi perlu diperhatikan adalah koneksi apa yang akan digunakan untuk mengintegrasikan antara Visual Desain Delphi dengan Database yang digunakan. Saya sangat menyarankan Anda yang ingin belajar Delphi memilih ADO dibandingkan menggunakan BDE. Aplikasi yang dibangun dengan koneksi ADO lebih mudah dalam pendistribusian karena tidak memerlukan instalasi Delphi untuk menjalankan aplikasi hasil compilasinya. Artinya file hasil compilasi (exe) bisa dijalankan di computer manapun . berbeda jika aplikasi dibangun mengunakan BDE database/aplikasi tidak akan bisa jalan jika dikomputer tersebut tidak terinstal Delphi.

Ok, selamat berXperimen dengan Delphi.

0 komentar:

Posting Komentar