Spiga

Program Sederhana menggunakan Delphi

Dalam pembuatan aplikasi yang melibatkan database, proses dasar yang sering dilakukan adalah simpan(append) ubah (edit) dan hapus(delete). Tiga proses tersebut hampir bisa dipastikan selalu ada dalam pembuatan aplikasi baik itu aplikasi besar yang melibatkan banyak client ataupun aplikasi stand alone yang dipakai oleh single user pada Komputer lokal. Selain ketiga proses tersebut proses lain yang umum adalah pencarian( Find) yang digunkan untuk menunjuk record tertentu didalam database.

Coding dasar dalam Delphi dalam melakukan proses-proses seperti simpan, edit, hapus dan cari sangat sederhana dan mudah dipahami. Dibawah ini akan dijelaskan dasar dari proses-proses tersebut little by little.
Dalam proses penyimpanan Method yang dipakai Delphi adalah append;
contoh sederhana coding pada sebuah event button simpan:



Yang perlu di ingat adalah NamaTable.append; dan NamaTable.post; harus selalu ada dalam melakukan proses simpan. NamaTable.Append; digunakan untuk menandakan bahwa akan dilakukan penambahan data(record) baru kedalam table, sedangkan NamaTable.Post; digunakan untuk menuliskan data kedalam table database. Jika method Post ini tidak dijalankan maka data tidak akan di write kedalam table.
Selanjutnya adalah proses perubahan data(Edit). Tidak bisa dihindari bahwa kesalahan dalam menginput data, ataupun perubahan yang memang rutin dilakukan sering terjadi, sehingga memerlukan perubahan data didalam database. Delphi menyediakan method Edit dalam melakukan proses edit data.
Contoh sederhana :


Dalam proses edit tidak jauh berbeda dengan proses simpan(append) yang membedakan adalah awal dari proses nya saja. Jika ingin menyampan databaru digunakan Append; sedangkan untuk melakukan pengeditan digunakan Edit;
Proses selanjutnya adalah Hapus (Delete). Dalam melakukan proses ini anda hanya perlu menuliskan coding sederhana NamaTable.Delete; maka record dalam table pada posisi kursor otomatis akan dihapus.
Yang terakhir adalah proses pencarian. Dalam pencarian dugunkan method Locate(); Contoh sederhana adalah jika anda ingin mencari data dengan ID satu (1), maka codingnya adalah

Jika data yang dicari (ID=1) ada dalam table maka cursor(posisi baris) akan berada pada data dengan ID= 1.

untuk contoh progran lengkap bisa download disini.

1 komentar:

  Basyarah

22 Mei 2009 21.32

wah kita bisa sharing ya

Poskan Komentar